Antioksidan?! perlu gak sih…

8 04 2009

buah

Oksidan atau radikal bebas adalah spesi kimia yang memiliki pasangan elektron bebas di kulit terluar sehingga sangat reaktif dan mampu bereaksi dengan protein, lipid, karbohidrat, atau DNA. Reaksi radikal bebas dengan molekul-molekul tersebut mengakibatkan timbulnya suatu penyakit.

Efek oksidatif dari radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, kanker, penyakit jantung, katarak,sistem kekebalan tubuh menurun, dan bahkan parkinson.

Sumber dari radikal bebas bisa berasal dari luar maupun dalam tubuh kita. Sumber radikal bebas dari dalam tubuh berasal dari sistem metabolisme tubuh kita sendiri, sedangkan dari luar tubuh berasal dari polusi, radiasi sinar ultra violet, rokok, stress, bahan kimia dari makanan dan minuman, dan obat-obatan.

Agar radikal bebas tidak merajalela, tubuh dengan sendirinya memproduksi zat antioksidannya. Antioksidan yang diproduksi dari dalam tubuh (endogen) berupa tiga enzim yaitu, superoksida dismutase (SOD), glutation peroksidase (GSH Px), katalase, di sebut juga anti oksidan berat molekul tinggi. dan yang paling berperan adalah enzim SOD.

Selain itu asupan dari luar juga membantu kerja ke tiga enzim dan senyawa di atas. Asupan itu bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin E, C, A, beta karoten, dan senyawa flavonoid.

Selama asupan makanan yang kita konsumsi cukup baik dan menjauhi pola hidup tak sehat, suplemen makanan seperti multivitamin sama sekali tidak kita butuhkan. Tetapi itu hampir tidak mungkin untuk kita yang hidup di kota-kota besar yang penuh dengan polusi, tingkat stress yang tinggi dan kerja yang terlalu berlebihan.


Aksi

Information

Tinggalkan komentar